Minggu, 16 Januari 2011

SEKOLAH TINGGI SANDI NEGARA ( STSN )

Sekolah Tinggi Sandi Negara
Jl Raya Haji Usa, Desa Putat Nutug, Ciseeng
Bogor – Jawa Barat 16330
Telepon : 0251 8541742 / 8541754
Faksimili : 0251 8541720
Website : www.stsn-nci.ac.id
Sekolah Tinggi Sandi Negara
Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah sekolah tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia, berdasarkan Keppres  No. 22 tahun 2003 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara.
Mahasiswa STSN merupakan mahasiswa ikatan dinas
(dari umum) dan mahasiswa tugas belajar (PNS/TNI/POLRI). Mahasiswa ikatan dinas yang telah menyelesaikan pendidikan selanjutnya diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia, sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.
Sistem Pendidikan
STSN menerapkan pendidikan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam satuan kredit semester (SKS). Beban studi yang harus diselesaikan adalah 146 SKS dan ditempuh selama 4 Tahun. STSN mempunyai 2 (dua) program studi yaitu Program Studi Teknik Persandian dan Program Studi Manajemen Persandian.
Program Studi Teknik Persandian memiliki dua bidang minat yaitu Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi.
Calon Mahasiswa dari umum yang dinyatakan Lulus Ujian Saringan Masuk dan diterima sebagai Mahasiswa STSN, diwajibkan menandatangani Perjanjian Ikatan Dinas dan mendapatkan Tunjangan Ikatan Dinas (TID), sesuai dengan Peraturan yang berlaku. Proses pengangkatan CPNS dimulai pada tingkat IV atau setelah lulus pendidikan.

A. PERSYARATAN POKOK / UMUM
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Sanggup bekerja pada bidang Persandian.
  3. Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari POLRI.
  4. Berbadan sehat dan tidak buta warna yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah atau Puskesmas.
  5. Lulus tes Akademik, Psiko, Kebugaran, Kesehatan (antara lain tes bebas NAPZA), wawancara dan PANTUKHIR yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara.
  6. Belum pernah dikeluarkan dari Sekolah Tinggi Sandi Negara.
B. PERSYARATAN KHUSUS
  1. Asal calon Mahasiswa : Lulusan SMA atau Madrasah Aliyah jurusan IPA dengan nilai Matematika dan Bahasa Inggris pada raport kelas tiga semester 6, minimal 7. Selain jurusan IPA tidak bisa.
  2. U s i a : Berusia minimal 17 tahun, dan maksimal 21 tahun per 31 Agustus pada tahun 2010
PROSES PENDAFTARAN STSN
Proses Pendaftaran terdiri atas :
  1. Pengambilan Formulir : Formulir Pendaftaran dapat diperoleh mulai bulan Juni s.d. Juli 2010 dari Panitia Pendaftaran, di Kampus STSN “Bumi Sanapati” Jl. H. Usa, Desa Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng — Bogor, Jawa Barat 16330, telp (0251) 541742 / 541754. Pengambilan Formulir juga dapat diakses melalui website STSN.
  2. Pengembalian Formulir dan Kelengkapan Pendaftaran : Formulir dan Kelengkapan Pendaftaran diserahkan di Kampus STSN. Pengembalian Formulir dan Kelengkapan Pendaftaran harus dilakukan oleh pendaftar langsung dan tidak dapat diwakilkan, tidak dapat dikirimkan melalui pos maupun website.
Pelayanan Proses Pendaftaran di atas dilakukan setiap hari kerja (Senin s/d Jumat) pukul 09.00—15.00 WIB.
Tata Cara dan Kelengkapan Pendaftaran :
  1. Membawa Surat Lamaran yang ditulis tangan sendiri dengan dilampiri :
    • Fotokopi Ijazah/Transkrip nilai Nilai Ujian Nasional (NUN) Raport semester 6 yang telah dilegalisir.
    • SKCK dari POLRI.
    • Surat Keterangan Sehat dan Tidak Buta Warna dari Dokter Pemerintah atau Puskesmas.
    • Surat Pernyataan belum menikah dari orang tua / wali.
    • Pas photo berwarna 3 bulan terakhir, ukuran 3×4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar.
  2. Calon Mahasiswa harus datang sendiri untuk mendaftar dengan membawa Ijazah dan surat-surat asli sesuai persyaratan tersebut di atas.
  3. Panitia STSN menentukan peserta yang dapat mengikuti Ujian Saringan Masuk, setelah persyaratan dan Kelengkapan Pendaftaran dipenuhi.
  4. Biaya Pendaftaran dan Ujian Saringan Masuk kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru STSN TA 2010/2011 adalah free (gratis).
UJIAN SARINGAN MASUK
Ujian Saringan Masuk Tahun Akademik 2010/2011 terdiri dari beberapa tahap dan dilaksanakan di Kampus STSN—Bogor. Jadwal Ujian Saringan Masuk akan ditentukan kemudian oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STSN.
Ujian Saringan Masuk terdiri dari :
  • Ujian Tahap I : Tes Akademik, meliputi : Matematika, Bahasa Inggris, Komputer, Fisika, Elektro, Pengetahuan Umum dan Tes Potensial Akademik (TPA).
  • Ujian Tahap II : Tes Psiko
  • Ujian Tahap III : Tes Kebugaran dan Tes Kesehatan
  • Ujian Tahap IV : Clearence Test dan Wawancara
  • Ujian Tahap V : Pantukhir
  • Ujian Saringan Masuk menggunakan sistem gugur pada setiap tahap.
Info (isu) terkini (2 Mei ’10)
  1. Pendaftaran dilakukan secara on-line melalui website STSN, dimulai dari tanggal 21 Mei 2010 – 28 Mei 2010.
  2. Bagi pendaftar yang telah melakukan registrasi online ini akan langsung bisa mengikuti seleksi tes akademis yang akan dilaksanakan pada bulan Juni (tanggalnya belum bisa dipastikan).
  3. Pengembalian berkas dilaksanakan setelah dinyatakan lulus ujian tertulis (tes akademis).
  4. Bagi teman-teman yang bermasalah dengan Ujian Nasional (tidak lulus) tetap dapat melakukan registrasi, hanya nanti pada saat pengembalian berkas sudah harus dilengkapi dengan Ijasah Kelulusannya.
  5. Pendaftaran hanya menerima lulusan SMA IPA.

Related Posts by Categories

3 komentar:

  1. maaf izin nanya, untuk masuk ke STSI susah ga sih ka? biasanya yg keterima berapa orang ya?

    BalasHapus
  2. Lulusan STSn bisa jadi BIN gak? tolong dijawab please yaaaaa

    BalasHapus
  3. bagi soal-soalnya donk kak.. :)

    BalasHapus