Jumat, 24 Juni 2011

Inovasi Pembelajaran Ala Praja IPDN

Pak James Menyampaikan Kuliahnya di Hadapan Praja

Ternyata kreatifitas Praja tidak hanya berputar-putar di bidang olahraga dan seni tapi juga di bidang yang bersifat akademik yaitu suatu terobosan dalam perkuliahan. Mau bukti?. Buktinya kemarin, hari Kamis, tanggal 24 Juni 2011, salah seorang dosen kami, Bapak James Robert Puallilin dengan mata kuliahnya Hubungan Pemerintah Pusat dengan Daerah mengajak para praja dari kelas F.11 dan F.12 Jurusan Kebijakan Pemerintah untuk melaksanakan perkuliahan di Lapangan Parkir Timur di bawah naungan pohon besar nan rimbun. Lho, itu kan idenya dosen, bukan praja. Siapa bilang bukan praja. Sekedar info, Bapak James Robert juga seorang praja lho, cuma 20 tahun yang lalu. Walaupun dosen, naluri seorang purna praja (alumni IPDN ) sangat melekat pada diri beliau, yaitu naluri untuk mentraktir junior, hehe. . Kenapa tidak, setiap kami ditraktir dengan sebuah teh botol. Walau hanya teh botol, tapi nilainya sangat berarti bagi kami karena dapat  menumbuhkan rasa kekeluargaan dan korsa diantara kami dan tentunya dengan beliau, Kak James, hehe,, kan senior.
Ehemm.. yang ditengah paling ganteng
Walau kami harus sering bergeser kursi karena sinar matahari yang juga bergeser terus namun tujuan utama dari kegiatan perkuliahan ini yaitu transfer materi tidaklah terganggu. Dengan antusias para praja mendengarkan materi yang disampaikan dan sesekali menginterupsi jika ada hal-hal yang kurang dipahami. Oh, iya, selama pembelajaran setiap praja juga menggunakan laptop dan modem. Hal ini agar materi dan masalah yang timbul tidak hanya berasal dari Pak James, tetapi juga berasal dari hasil browsing internet dan melemparkannya ke forum untuk didiskusikan bersama. Menarik bukan?.  Metode ini sebenarnya tidak terlampau ribet, karena kami hanya memindahkan kursi dan meminjam mikrofon dari balairung yang bersebelahan dengan lapangan tempat kami belajar, trus mengambil teh botol di Kantin, dan belajar pun dimulai. Gak ribet kan?.
Praja mendengarkan kuliah dengan antusias
Karena kami baru kali ini mengalami suasana belajar yang sangat menyenangkan seperti ini. Pertanyaan seputar Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah pun banyak terlontar dari praja, tentunya dari saya juga, ;-). Setiap praja diberi kesempatan yang sama untuk bertanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan materi yang disampaikan. Hasilnya, tidak seperti biasannya, jika sebelumnya praja banyak yang malas untuk bertanya di kelas, tapi saat itu para praja merasa sangat bersemangat untuk bertanya, tentunya dengan pertanyaan yang kritis pula. Tidak ada praja yang izin buang air, tidak ada praja yang gak hadir karena alasan sakit, kecuali jaga barak, dan yang lebih spektakuler tidak ada praja yang tertunduk lemas ketiduran, mengantuk pun tidak. Aerobik pagi, lari siang, begadang ngerjain tugas setiap malam, terbukti gak cukup ampuh untuk membuat praja ketiduran saat itu. Ya, mudah-mudaha gak hanya hari itu. Semoga dosen-dosen yang lainnya dapat melakukan hal yang lebih inovatif dan luar biasa lagi. Dan tentunya mengenai materi yang kami bahas, yaitu tentang Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah, di lain waktu saya terbitkan. Mari berkreasi dengan inovasi. Salam dari Kampus Lembah Manglayang. *teguhilham.

Related Posts by Categories

2 komentar:

  1. wow. pak james. dia dosen idolaku dek setelah pak mohaddam labolo. bedanya, jaman angkatan xvii beliau ngajarnya studi kasus pemerintahan. aih.. jdi ingat kampus.

    btw, koq yg empunya blog PDL-an?? ketahuan loncat pagar yah?? hayoo..hayoo.. :D

    BalasHapus
  2. hahahaaaaaaaaaaaaa.. bukan loncat pagar kaaakk,, kami anggota Barak Sumsel TBO sebarak krn swktu pngecekan oleh pak purek 3 kondisi barak macam kapal pecah berkeping2,,,

    ia kak, kak james memang andalan,, kak muhadam juga kreatif, walaupun sy blm prnh diajar beliau,, kak muhadam juga prnah ngasih reward jam tangan sama buku buat praja yg yg bsa jwb prtnyaannya kak..
    ternyata purna praja gak hnya kreatif di lorong aja ya kak,, hehe.. pisss

    BalasHapus